Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo

Harjali Harjali

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman guru dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif yaitu makna strategi membangun lingkungan belajar yang kondusif, baik dari dimensi fisik maupun psikososial, sehingga dapat memfasilitasi dan memediasi belajar siswa pada Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah para guru yang diambil secara purposif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti mengevaluasi transkrip wawancara dan catatan lapangan yang diorganisasi dalam tema-tema yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna-makna yang terkandung dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif pada sekolah menengah pertama di Ponorogo baik dari dimensi fisik dan psikososial sebagai berikut; (1) kenyamanan dan keindahan penataan perabot kelas, (2) pembelajaran dilakukan berpusat pada siswa melalui penataan tempat duduk, (3) pemilihan strategi pembelajaran, penggunaan media, dan dukungan guru melalui interaksi guru dan siswa, dan (4) penanaman nilai kebebasan interaksi antar siswa sebagai strategi dalam menata lingkungan belajar yang kondusif.

Keywords


strategi guru, lingkungan belajar yang kondusif

Full Text:

Full Text