Keefektifan Model Pembelajaran LC5E dan CRH Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang dikenai model pembelajaran LC5E berbantuan multimedia interaktif, CRH berbantuan multimedia interaktif dan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling di SMA Negeri 1 Pecangaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, metode tes, dan metode dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa:(a) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran LC5E berbantuan multimedia interaktif, CRH berbantuan multimedia interaktif dan model pembelajaran konvensional, (b) tidak ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang mendapat perlakuan model pembelajaran LC5E dan CRH berbantuan multimedia interaktif, (c) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran LC5E berbantuan multimedia interaktif lebih baik dari model pembelajaran konvensional, (d) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran CRH berbantuan multimedia interaktif lebih baik dari model pembelajaran konvensional.
Keywords
LC5E, CRH, multimedia interaktif, hasil belajar