Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa

Jailani Jailani, Heri Retnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pemanfaatan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) dan karakteristik siswa. Penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan desain eksperimen pretest-posttest non equivalent control group. Kelas eksperimen merupakan kelas dengan pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol merupakan kelas dengan pembelajaran langsung. Populasi penelitian adalah siswa SMP kelas 7 SMP di Provinsi DI Yogyakarta yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah. Sampel penelitian sebanyak 515 siswa SMP kelas 7 yang berasal dari 10 sekolah di 4 kabupaten dan 1 kota di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dari sekolah negeri dan swasta yang ditentukan berdasarkan capaian hasil Ujian Nasional. Sampel sekolah ditentukan dengan stratified random sampling dan kelas tiap sekolah ditentukan secara acak. Analisis data dilakukan secara kuantitaif, baik dengan deskriptif maupun inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung untuk meningkatkan HOTS; dan (2) pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan ketekunan, tanggung jawab, kerja keras, kerjasama, kepedulian, dan toleransi.

Keywords


problem based learning, keterampilan berfikir tingkat tinggi, karakter siswa

Full Text:

Full Text