Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Kelas VII Pada Pengetahuan Awal Berbeda

Hairani Hairani, I Wayan Dasna, Supriyono Koeshandayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar IPA pada pengetahuan awal berbeda. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan rancangan faktorial 2 x 3. Data pengetahuan awal siswa diperoleh melalui tes pengetahuan awal, data keterampilan proses sains diperoleh menggunakan tes keterampilan proses sains dan tes performance, dan data prestasi belajar IPA diperoleh menggunakan tes prestasi belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping dan model pembelajaran langsung, (2) ada perbedaan keterampilan proses sains antara siswa dengan pengetahuan awal berbeda, (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap keterampilan proses sains, (4) ada perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping dan model pembelajaran langsung, (5) ada perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa dengan pengetahuan awal berbeda, dan (6) ada interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap prestasi belajar IPA.

Keywords


inkuiri terbimbing, mind mapping, keterampilan proses sains, prestasi belajar IPA, pengetahuan awal

Full Text:

Full Text