Model Evaluasi Berbasis Kompetensi Matakuliah Menggambar Teknik Mesin

Basuki Basuki

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan model evaluasi berbasis kompetensi untuk matakuliah menggambar teknik di Jurusan Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Efektifitas memahami fungsi alat gambar teknik menunjukkan mean 8,59 dan deviasi standar 0,81 sehingga masuk kategori sangat efektif (86%); (2) Efektifitas terampil menggunakan alat gambar memiliki mean 17,63 dan deviasi standar 1,46 sehingga masuk  dalam kategori sangat efektif (88,2%); (3) Efektifitas menggambar garis dan hu­ruf memiliki mean 8,48 dan deviasi standar 1,06 adalah masuk kategori efektif (84,8%); (4) Efek­tifitas menggambar konstruksi geometri memiliki mean 10,09 dan deviasi standar 1,69 sehingga masuk kategori pada umumnya efektif (77,6%); (5) Efektifitas menggambar proyeksi dan pan­dangan memiliki mean 19,09 dan deviasi standar 4,65 sehingga masuk kategori sebagian besar cukup efektif (65,8%); (6) Efektifitas menggambar potongan memiliki mean 15,59 dan deviasi standar 1,83 rmasuk kategori pada umumnya efektif (82%); (7) Efektifitas memberi ukuran mem­iliki mean 12,89 dan deviasi standar 1,49 masuk kategori pada umumnya efektif (85,9%); dan (8) Efektifitas menggambar elemen mesin memiliki mean 15,81 dan deviasi standar 2,12 masuk kategori pada umumnya efektif (79%).

Keywords


evaluasi berbasis kompetensi, menggambar teknik

Full Text:

PDF