Efektivitas Sistem Pembelajaran Blok di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Surabaya

Masbahah Masbahah, Djoko Kustono, Syaad Patmanthara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui perbedaan kompetensi siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan sistem pembelajaran blok dan non blok; 2) mengetahui pengaruh yang signifikan perencanaan pembelajaran pada sistem pembelajaran blok dan non blok terhadap kompetensi siswa; 3) mengetahui pengaruh yang signifikan pelaksanaan pembelajaran pada sistem pembelajaran blok dan non blok terhadap kompetensi siswa; 4) mengetahui pengaruh yang signifikan evaluasi pembelajaran pada sistem pembelajaran blok dan non blok terhadap kompetensi siswa; 5) mengetahui efektivitas sistem pembelajaran blok dan non blok dalam meningkatkan kompetensi siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex-post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan kompetensi siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan sistem pembelajaran blok dan sistem pembelajaran non blok. Kompetensi siswa pada sistem pembelajaran blok lebih tinggi dari pada sistem pembelajaran non blok; 2) terdapat pengaruh yang signifikan perencanaan pembelajaran pada sistem pembelajaran blok dan non blok terhadap kompetensi siswa; 3) terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan pembelajaran pada sistem pembelajaran blok dan non blok terhadap kompetensi siswa; 4) terdapat pengaruh yang signifikan evaluasi pembelajaran pada sistem pembelajaran blok dan non blok terhadap kompetensi siswa; 5) efektivitas sistem pembelajaran blok lebih tinggi dari pada non blok dalam meningkatkan kompetensi siswa.

Keywords


efektivitas, sistem pembelajaran blok, rekayasa perangkat lunak

Full Text:

PDF