IMPLEMENTASI KTSP DALAM PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK KABUPATEN KEDIRI

Syamsul Syamsul

Abstract


Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui kualitas rencana pembelajaran dan pelaksanaannya yang telah dibuat dan dilaksanakan oleh guru Program Studi Keahlian Teknik Otomotif, Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Semester I Tahun Ajaran 2012-2013, SMK Negeri dan SMK Swasta serta SMK Berakreditasi A dan SMK Berakreditasi B Kabupaten Kediri. disamping itu juga untuk mengetahui perbedaan kualitas rencana pembelajaran dan pelaksanaannya. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan kualitas RP SMK Negeri dan SMK Swasta serta SMK Berakreditasi A dan SMK Berakreditasi B berkategori baik dan kualitas pelaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik. Hasil analis tersebut menunjukkan bahwa perbedaan kualitas RP dan pelaksanaan pembelajaran antara SMK Negeri dan SMK Swasta serta SMK Berakreditasi A dan SMK Berakreditasi B tidak ada perbedaan kualitas pelaksanaan pembelajaran adanya perbedaan kualitas RP antara SMK Negeri dan SMK Swasta serta SMK Berakreditasi A dan SMK Berakreditasi B, karena para guru mempunyai pengalaman mengajar yang berbeda, sementara tidak adanya perbedaan untuk kualitas pelaksanaan pembelajaran, hal itu diduga karena kurangnya kesadaran kewajiban administrasi, atau ada perbedaan pemahaman terkait petunjuk teknis, namun dalam pelaksanaan pembelajaran para guru sama-sama sudah menguasai materi, berpengalaman dan berkompeten.

Keywords


implementasi, kurikulum tingkat satuan pendidikan, sekolah menengah kejuruan program studi keahlian teknik otomotif

Full Text:

PDF