PENGARUH VARIASI TEKANAN PENYEMPROTAN DENGAN PENAMBAHAN PUTARAN ULIR NOSEL TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR, DAYA MESIN DAN KEPEKATAN GAS BUANG PADA ISUZU PANTHER HI GRADE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi putaran ulir nosel dengan kedalaman 0 mm, 0,35 mm dan 0,70 mm dengan putaran mesin 1000 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm terhadap daya efektif, konsumsi bahan bakar spesifik efektif dan kepekatan gas buang mesin diesel phanter hi grade. Pelaksanaan pengujian dilakukan di PPPTK VEDC Malang tanggal 24 Maret 2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah experimental. Analisis data yang digunakan adalah analisis anova dua jalan dan post hoc. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada daya efektif, konsumsi bahan bakar spesifik efektif dan kepekatan gas buang mesin diesel isuzu panther hi grade terhadap variasi putaran ulir nosel dengan variasi putaran mesin. Rata-rata keseluruhan data putaran ulir yang efektif terhadap daya berada pada putaran ulir 0,35 mm 33,9334 HP, Rata-rata keseluruhan data putaran ulir yang paling efektif terhadap konsumsi bahan bakar spesifik efektif berada 0,70 mm. 0,1825 kg. HP-1 . jam -1, Rata-rata keseluruhan data putaran ulir yang paling efektif terhadap persentase kepekatan gas buang berada pada 0,70 mm. 26,35%.
Keywords
tekanan penginjeksian, putaran ulir, daya mesin, konsumsi bahan bakar spesifik, kepekatan gas buang