Efektifitas Model Evaluasi Berbasis Kompetensi Matakuliah Praktikum Kerja Bangku di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Didik Nurhadi

Abstract


Hasil penelitian Siswanto (2010) telah menghasilkan panduan model evaluasi berbasis kompetensi untuk matakuliah praktek di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Guna menindaklanjutinya dilakukan penelitian bagaimana tingkat efektifitas model evaluasi berbasis kompetensi untuk matakuliah praktikum Kerja Bangku di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang bagi pencapaian kompetensi pembelajaran praktek mahasiswa yang terdiri dari: Context, input, procces, dan product. Rancangan yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Efektifitas context termasuk kategori pada umumnya sangat efektif (88,1%) yang menunjukkan pada umumnya kesiapan panduan jobsheet, panduan penilaian, dan penentuan standarisasi toleransi pengerjaan telah dipersiapkan dengan baik. Namun demikian masih perlu ditingkatkan lagi perbaikannya untuk perbaikan perkuliahan semester berikutnya; (2) Efektifitas input termasuk kategori sebagian besar cukup efektif (67,2%), yang menunjukkan bahwa beberapa hal yang perlu perbaikan adalah kondisi peralatan dan kondisi tempat kerja agar lebih nyaman digunakan; (3) Efektifitas process termasuk kategori pada umumnya efektif (85,7%), yang menunjukkan bahwa pada umumnya kesiapan sosialisasi panduan praktikum, langkah kerja, sikap kerja, kemudahan konsultasi, dan evaluasi pengerjaan sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa; dan (4) Efektifitas product termasuk ke dalam kategori pada umumnya sangat efektif (92,1%).

Keywords


efektifitas, evaluasi, dan kerja bangku

Full Text:

PDF