Pengembangan Pembelajaran Teknik Konstruksi Bangunan dengan Metode Pemecahan Masalah Ideal Berbasis PAIKEM guna Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa SMK

sugiyanto sugiyanto

Abstract


Abstrak: tujuan penelitian ini adalah :(1) Mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Teknik KonstruksiBangunan di SMK yang berbasis Strategi Pemecahan masalah IDEAL, dan pengelolahan motivasi ARCS, dan (2) Mengeekplorasi tanggapan para akhli bidang studi, dosen dan guru SMK terkait dengan bahan ajar yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan subyek peneliti (1) dosen jurusan teknik sipil UM, (2)Guru SMK Jurusan Teknik Bangunan pembina mata pelajaran Teknik Konstruksi Bangunan, (3) Ahli bidang studi mata kuliah minimal S2 (T.Sipil), (4) Ahli perencanaan Teknologi pembelajaran Minimal S2 TEP. Adapun SMK jurusan Teknik Bangunan di Malang Raya yang dijadikan subyek penelitian adalah (1) SMK Negeri 6 Malang, (2) SMK negeri 1 Singosari, (3) SMK Nasional, dan (4) SMK PU Malang. Berdasarkan analisis data validitas bahan ajar diperoleh 80,10 %, rancangan pelaksanaan pembelajaran (83,33 %), dan job Sheet 82,22 %.Dari hasil validasi dapat diambil kesimpulan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan validasi.

Kata kunci: bahan ajar, RPP, job Sheet, Teknik Kontruksi Bangunan