Pengembangan Bahan Ajar Pelaksanaan dan Pemeliharaan Jalan Raya Melalui Pembelajaran Berbasis Web Based Learning

Pranoto Pranoto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas bahan ajar Pelaksanaan dan Pemeliharaan Jalan Raya di Jurusan Teknik Sipil  dengan pendekatan E-Learning Berbasis WB. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar pada matakuliah Pelaksanaan dan Pemeliharaan Jalan Raya dengan antara mahasiswa yang belajar dengan menggunakan metode  konvensional + e-learning berbasis  WBL  dan yang belajar dengan menggunakan metode konvensional, dengan nilat thitung = 8,747, pada taraf signifikansi 0,000. Penggunaaan metode pembelajaran metode konvensional + learning berbasis  WBL secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar, dan (2) Terdapat perbedaan retensi pada   matakuliah Pelaksanaan dan Pemeliharaan Jalan Raya dengan antara mahasiswa yang belajar dengan menggunakan metode  konvensional + learning berbasis WBL dan yang belajar dengan menggunakan metode konvensional, dengan nilat thitung = 10.744 , pada taraf signifikansi 0,000. Penggunaaan metode pembelajaran metode konvensional + learning berbasis  WBL  secara signifikan dapat meningkatkan retensi mahasiswa.