Meningkatkan Proses Pembelajaran Manajemen Konstruksi Pada Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Melalui Penerapan Metode Kreatif Produktif
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah: (l)Meningkatkan/memperbaiki hasil belajar mahasiswa dalam matakuliah Manajemen Konstruksi pada program studi Pendidikan Teknik Bangunan..melali penerapan metode pembelajaran Kreatif dan Produktif, (2) Meningkatkan/memperbaiki kualitas proses pembelajaran dalam matakuliah Manajemen Konstruksi pada program studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini dilakukan di program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang. Subyeknya adalah mahasiswa yang memprogram matakuliah Manajemen Konstruksi dan melibatkan 2 orang dosen pengajar. Penelitan ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)Pembelajaran metode Kreatif Produktif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam matakuliah Manajemen Proyek., dan (2)Penerapan pembelajaran metode Kreatif Produktif, mampu memberikan pengetehuan tentang konsep, prosedur dan penerapan model tersebut dalam pelaksanaaan pembelajaran oleh Dosen. Secara umum penerapan metode Kreatif Produktuf dalam pembelajaran memiliki implikasi positif bagi dosen, karena itu metode ini dipandang sangat cocok diterapkan pada matakuliah Manajemen Proyek.