Pengembangan Pengajaran Konstruksi Beton Pratekan Berbasis Komputer (Computer Based Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program D3 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang
Abstract
Berdasarkan pengamatan emperik dan pengalaman selama mengajar di jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang menemukan bahwa (l) lemahnya penguasaan mahasiswa pada materi inti keteknikan disebabkan karena kurangnya media pengajaran yang digunakan dalam kegiaan PBM oleh dosen, (2) hampir sebagian besar waktu yang digunakan dosen untuk mengajar hanya melalui media verbalistis (ceramah) dengan buku teks sebagai sumber utama, (3) kurang ada usaha dari pihak dosen yang menggunakan media teknologi informasi dalam kegiatan pengajaran.Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pengajaran Konstruksi Beton Pratekan berbasis komputer, yang mampu meningkatkan hasil dan motivasi belajar mahasiswa Sesuai dengan model pengembangan yang dijadikan pijakan dasar dalam proses pengembangan, maka prosedur pengembangan dilakukan dengan urutan langkah-langkah sebagai berikut: (1) menetapkan rumusan tujuan pengajaran Konstruksi Beton Pratekan, (2) mengembangkan tes untuk mengukur ketercapaian tujuan , (3) menganalisis kegiatan belajar, (4) mendesain system pengajaran, (5) melaksanakan kegiatan pengajaran dan melakukan evaluasi, dan (6) mengadakan perbaikan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran CBI lebih tinggi (7,20) dibandingkan dengan rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional (5,80).