Pengembangan Pengajaran Konstruksi Beton Pratekan Berbasis Komputer (Computer Based Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program D3 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Sudomo Sudomo

Abstract


Berdasarkan pengamatan emperik dan pengalaman selama mengajar  di  jurusan  Teknik Sipil   Fakultas Teknik  Universitas Negeri Malang  menemukan  bahwa (l) lemahnya  penguasaan mahasiswa  pada materi inti  keteknikan  disebabkan karena  kurangnya media  pengajaran  yang digunakan dalam kegiaan  PBM  oleh dosen,  (2) hampir  sebagian besar  waktu yang digunakan dosen untuk mengajar  hanya melalui media  verbalistis (ceramah) dengan buku teks sebagai sumber utama,  (3)  kurang ada usaha  dari pihak   dosen yang menggunakan  media teknologi informasi dalam kegiatan pengajaran.Tujuan penelitian pengembangan ini  adalah  menghasilkan   perangkat pengajaran  Konstruksi Beton Pratekan berbasis komputer, yang mampu meningkatkan hasil dan motivasi belajar  mahasiswa Sesuai dengan model pengembangan yang dijadikan pijakan dasar dalam proses pengembangan, maka prosedur pengembangan  dilakukan dengan urutan langkah-langkah sebagai berikut: (1) menetapkan  rumusan tujuan pengajaran Konstruksi Beton Pratekan, (2)  mengembangkan tes untuk mengukur ketercapaian tujuan , (3) menganalisis kegiatan belajar, (4) mendesain system pengajaran, (5) melaksanakan kegiatan pengajaran dan melakukan evaluasi, dan (6) mengadakan perbaikan.  Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  rata-rata skor hasil belajar  mahasiswa  yang diajar dengan pembelajaran CBI  lebih tinggi (7,20) dibandingkan dengan rata-rata skor hasil belajar  siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional (5,80).