PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN METODE KREATIF PRODUKTIF DALAM MATAKULIAH TEKNIK PERKERASAN JALAN GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Bambang Supriyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar matakuliah Teknik Perkerasan Jalan yang mampu mengembangkan atau meningkatkan hasil belajar, melalui peningkatan kreativitas serta produktivitas mahasiswa, dengan menggunakan metode pembelajaran. Kreatif  Produktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang menghasilkan produk perangkat bahan ajar yang terdiri dari: (l) bahan ajar, (2) panduan dosen, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam penelitian ini uji coba produk hanya dilakukan uji perorangan, dengan melibatkan seorang ahli bidang studi, seorang ahli pembelajaran, 3 (tiga) dosen pengajar,  dan 5 orang mahasiswa. Jadi maksud  utama uji perorangan adalah untuk mendapatkan reaksi terhadap pembelajaran yang dikembangkan dari pandangan mahasiswa, kelemahan dan keunggulan rancangan pembelajaran. Untuk itu pada subyek kelompok uji perorangan ini  akan diberi angket sikap, dan  membahas secara mendalam bersama kelompok tersebut. Jenis data yang diperoleh untuk menyempurnakan bahan ajar  hasil pengembangan bersifat kuantitatif dan kualitatif. Mengacu pada hasil analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut: (l) penelitian ini menghasilkan produk berupa perangkat bahan ajar matakuliah Teknik Perkerasan Jalan untuk mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil. Perangkat bahan ajar ini terdiri dari bahan ajar, panduan dosen, dan  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang dirancang dengan metode Kreatif Produktif, dan (2) berdasarkan uji perorangan yang dilakukan oleh ahli bidang studi, ahli pembelajaran, dosen matakuliah dan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, bahan ajar ini dinyatakan valid.

Kata Kunci:  bahan ajar, metode kreatif produktif, teknik perkerasan jalan, hasil belajar.