SIMULASI NUMERIK PENGEKANGAN BETON OLEH TULANGAN TRANSVERSAL

Edi Santoso

Abstract


Perilaku beton yang terkekang oleh tulangan transversal adalah suatu topik pembahasan yang sudah terbilang klasik tetapi masih relatif sedikit studi yang telah dilakukan dengan menggunakan model komputasi untuk simulasi yang realistis perilaku beton yang terkekang oleh tulangan transversal. Studi model elemen hingga untuk penyelidikan perilaku beton yang terkekang oleh tulangan sengkang dilakukan. Pengembangan model diuraikan secara detil, dan dibahas pertimbangan pemodelan yang paling tepat. Model ditetapkan dengan mengacu dari beberapa hasil penelitian dari para peneliti terdahulu yaitu penampang persegi ukuran 200x200 mm dan penampang lingkaran diameter 200 mm dengan panjang 600 mm dan memakai sengkang dengan jarak 80 mm. Hasil pengamatan dan analisis menunjukkan bahwa (1) secara umum distribusi tegangan pengekangan sangat dipengaruhi oleh susunan dari sengkang,(2) Pembesaran tegangan pengekangan secara umum akan lebih besar pada penampang dimana sengkang terletak pada penampang di antara dua sengkang terdekat, (3) Untuk kolom persegi, tegangan pengekangan yang lebih tinggi terjadi pada daerah sudut sengkang dan sepanjang arah sisi-sisi dari sengkang,(4) Pembesaran dan keseragaman dari tegangan pegekangan akan lebih besar pada kolom persegi dengan 8 tulangan daripada kolom persegi dengan 4 tulangan,(5) Pada kolom bulat menampilkan suatu distribusi tegangan pengekangan yang agak seragam di sekitar inti pengekangan.

Kata kunci: beton, pengekangan, tulangan transversal, simulasi numerik, model elemen hingga