EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PRAKERIN KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN SMK

Zakky El Fuad Sutrisno Priyono

Abstract


Abstrak:Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penilaian hasil belajar Prakerin, meliputi: input, proses, dan produk pelaksanaan penilaian hasil belajar yang dilaksankaan pada Kompetensi Keahlian Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari. Rancangan penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta Prakerin kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 64 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Input, Proses, dan produk pelaksanaan penilaian Prakerin Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK tahun ajaran 2015/2016 masuk kategori cukup baik.

Kata-kata kunci: evaluasi, penilaian, prakerin

Abstract: This study was conducted with the aim to evaluate the implementation of Prakerin’s learning outcomes, including: inputs, processes, and products implementation of learning achievement assessed on Building Construction Skills Competency at SMK Negeri 1 Singosari. The design of this study is an evaluation study. The sample in this study is all participants Prakerin class XII Building Engineering Programs Engineering Building SMK Negeri 1 Singosari academic year 2015/2016 which amounted to 64 learners. Data collection methods were conducted using questionnaires. The analysis technique used is quantitative descriptive analysis. The results showed that Input, Process, and product implementation of Prakerin Appraisal Program Building Construction Engineering Technique Vocational School year 2015/2016 into the category is quite good.

Key Words: Evaluation, valuation, prakerin