PENGARUH KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI MELALUI PERSEPSI RISIKO PADA TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2014)

Ratna Maulida Rachmawati, Handri Dian Wahyudi, Afwan Hariri A.P.

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effect of trust and perceived  risk on purchase intentions. Data were collected from 179 respondents and were analyzed using path analysis to examine a proposed model. The sampling technique used is probability sampling by means of propotional random sampling. The results of the present study support the positive effect of trust on purchase intention and the result also support the negative effect of trust on perceived risk and perceived risk on purchase intention. Limitations of the present study include sampling, which prevent the generalization of our results to all internet users. Consumer trust may be valuable for online retailers; however, these retailers need to develop useful, easy to use, and enjoyable Web features that appeal to both hedonic and utilitarian shoppers.

 

Keywords: Trust, Perceived risk, Purchase Intention

 

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh  kepercayaan dan persepsi risiko pada minat pembelian. Pengumpulan data dari 179 responden dan dianalisis menggunakan analisis test jalur untuk menguji model yang diusulkan. teknik sampel yang digunakan adalah sampel kemungkinan dengan cara sampel proposional acak. Hasil penelitian ini mendukung efek positif dari kepercayaan pada minat beli dan hasilnya juga mendukung efek negatif kepercayaan pada risiko yang dirasakan dan risiko yang dirasakan terhadap minat pembelian. Keterbatasan penelitian ini meliputi pengambilan sampel, yang mencegah generalisasi dari hasil kami untuk semua pengguna internet. Kepercayaan konsumen mungkin bermanfaat bagi pedagang online; meskipun demikian, para pedagang ini perlu untuk mengembangkan kegunaanya, mudah digunakan, fitur web yang nyaman yang menarik bagi pembeli hedonis dan utilitarian.

 

Kata Kunci: Kepercayaan, risiko yang diterima, minat pembelian


Full Text:

PDF


EKOBIS juga melayani permintaan tukar menukar jurnal secara gratis sepanjang tirah masih memungkinkan.

Untuk penerbitan artikel pada Jurnal EKOBIS :
  1. Silahkan mengirimkan artikel anda yang relevan dengan Ekonomi Bisnis
  2. Kirimkan CV dan Artikel Anda ke jurnalekobis@um.ac.id
  3. Penulisan mengikuti Gaya Penulisan Jurnal Ekobis (Klik Disini)
  4. Konfirmasi penerimaan artikel (LOA) akan di kirimkan melalui email bisa langsung di ambil di ruang sekretariat jurnal di E4.108
  5. Isi artikel beserta semua akibat yang ditimbul-kan oleh artikel itu menjadi tanggung jawab penuh penulisnya.
  6. Jadwal penerimaan dan terbitan bisa di lihat di link berikut
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: FE-Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang 65145, Gedung E4-108. email: jurnalekobis@um.ac.id
 
Profil Tim Jurnal Ekobis (Klik Disini)
Alamat Korespondensi (Klik Disini)

ISSN Online: 2528-0503

ISSN Cetak : 0853-7283

Kode BAR

This Journal indexed by:

 

 

Creative Commons License
Juranal Ekonomi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Supported  by : Jurusan Manajemen FE UM