ILMU PENDIDIKAN
Open Journal Systems
Journal Help
User
Username
Password
Remember me
Language
Select Language
English
Bahasa Indonesia
Journal Content
Search
Search Scope
All
Authors
Title
Abstract
Index terms
Full Text
Browse
By Issue
By Author
By Title
Other Journals
Font Size
Information
For Readers
For Authors
For Librarians
Home
About
Login
Search
Current
Archives
Home
>
Vol 23, No 2 (1996)
>
Agustina
Interferensi Bahasa Indonesia terhadap Penguasaan Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar
Ratna Trieka Agustina
Abstract
Penguasaan lebih dari satu bahasa mengakibatkan terjadinya interferensi di antara bahasa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya interferensi bahasa Indonesia terhadap penguasaan belajar Bahasa Inggris siswa SD. Data dikumpulkan dari 33 orang siswa kelas 4 SD Bendogerit VI Blitar melalui lembar kerja tes bahasa Inggris yang diolah secara naratif-deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa interferensi morfologis bahasa Inggris hanya ditemukan pada proses morfologis reduplikasi, sedangkan interferensi sintaksis dapat diidentifikasi dengan ketidakhadiran to be (is, are), ketidakhadiran artikel, dan keterbalikan pada susunan kata keterangan dalam tata kalimat bahasa Inggris.