ILMU PENDIDIKAN
Open Journal Systems
Journal Help
User
Username
Password
Remember me
Language
Select Language
English
Bahasa Indonesia
Journal Content
Search
Search Scope
All
Authors
Title
Abstract
Index terms
Full Text
Browse
By Issue
By Author
By Title
Other Journals
Font Size
Information
For Readers
For Authors
For Librarians
Home
About
Login
Search
Current
Archives
Home
>
Vol 24, No 1 (1997)
>
Efendi
Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Anak Tunarungu Berdasarkan Pendekatan Komunikasi Total di SLB Bagian B (Tunarungu)
Mohammad Efendi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model program pembelajaran bahasa anak tunarungu berdasarkan pendekatan komunikasi total yang dapat dilaksanakan oleh guru SLB bagian B secara efektif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat pengembangan. Sekolah latihan yang menjadi ajang ujicoba pengembangan adalah
SLB Bagian B Try Out Pembakuan Isyarat Indonesia
sebagai salah satu komponen komunikasi total. Hasilnya menunjukkan temuan bahwa model hipotetis yang dikembangkan ternyata cukup efektif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja guru dan siswa sekolah tunarungu dalam proses pembelajaran bahasa.