Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar
Ratna Trieka Agustina, Sutji Rahaju, Tri Murti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengajaran Bahasa Inggris di SD. Populasi adalah guru Bahasa Inggris dan siswa kelas IV, V dan VI di delapan SD di Kotamadya Blitar. Sampel total guru berjumlah 10 orang, dan siswa berjumlah 350 orang yang diambil secara rambang sederhana. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan statistik persentase dan rerata. Hasilnya menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan, pemilihan dan pengembangan bahan, kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran, serta media dan sumber belajar pada umumnya sangat kurang. Kualifikasi guru cukup memadai, minat dan motivasi berprestasi sangat baik, dan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa tergolong cukup.