PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR YANG DIMEDIASI OLEH FASILITAS BELAJAR

Akhmad Suyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa yang dimediasi oleh fasilitas belajar. Populasi dari penelitian ini sebanyak 167 siswa dimana sampelnya sebanyak 100 siswa. Metode penyampelan yang digunakan adalah proporsional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap fasilitas belajar; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar; (3) terdapat pengaruh langsung antara latar belakang sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa; (4) terdapat pengaruh tidak langsung antara latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa yang dimediasi oleh fasilitas belajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i2.6014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional