RPP AKUNTANSI DENGAN MUATAN KARAKTER (ANALISIS ASPEK ISI DAN IMPLEMENTASI)

Diana Tien Irafahmi, NH Luluk Dwi Lestari

Abstract


Penelitian ini mengkaji bagaimana isi dan implementasi RPP akuntansi dengan muatan karakter. Dengan desain penelitian kualitatif dan gabungan metode penelitian observasi, wawancara, angket serta dokumentasi, penelitian dilakukan di SMK 17 Agustus Batu yang melibatkan 2 orang guru sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru A lebih baik dari Guru B dalam hal menyisipkan karakter dalam RPP akuntansi. Muatan karakter dimasukkan oleh Guru A dalam komponen tujuan pembelajaran dan teknik penilaian. Dalam hal implementasi, Guru A telah menanamkan nilai-nilai karakter yang terintegrasi dengan mata pelajaran dan karakter yang tidak terintegrasi dalam pelajaran, sedangkan Guru B hanya menanamkan karakter yang tidak terintegrasi dengan pelajaran. Dari perpektif siswa, guru telah mengimplementasikan  RPP berkarakter dengan baik. Dari kedelapan karakter yang dimuat di angket, yaitu: jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu dan tanggungjawab, 77,99% sudah diimplementasikan dalam kegiatan belajar-mengajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional