PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan konstruktivistik melalui metode problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (Classroom Action Recearch) dengan tahap (1) planning (perencanaan), (2) acting (pelaksanaan), (3) observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa telah sesuai dengan mekanisme problem based learning, yaitu orientasi pada masalah, organisasi belajar, penyelidikan individu/kelompok, menyajikan hasil karya dan evaluasi. Persepsi guru dan siswa terhadap metode Problem Based Learning adalah positif, dan prestasi belajar siswa meningkat.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Journal of Accounting and Business Education
This Journal Indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.