KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TUTORIAL MYOB BERBASIS ADOBE CAPTIVATE
Abstract
Penggunaan media tutorial MYOB berbasis Adobe Captivate merupakan salah satu alternatif dalam penyelenggaraan pembelajaran individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi dengan menggunakan media tutorial MYOB berbasis Adobe Captivate. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Purposive. Kelas XI Ak 2 berjumlah 36 siswa ditetapkan sebagai sampel. Kelas ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing 18 siswa. Kelompok eksperimen diberi media tutorial MYOB berbasis Adobe Captivate, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan angket digunakan untuk mengukur kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tutorial MYOB berbasis Adobe Captivate dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menggunakan media tutorial ini dalam pembelajaran Komputer Akuntansi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6038
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Journal of Accounting and Business Education
This Journal Indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.