QUANTUM LEARNING: EXPERIMENT TO INCREASE LEARNING OUTCOMES

Putri Wulanditya

Abstract


Quantum learning merupakan suatu metode pembelajaran yang mempertimbangkan semua aspek yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Metode quantum dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam matakuliah yang rumit seperti statistik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest control group melibatkan mahasiswa manajemen dan mahasiswa akuntansi. Penelitian ini menguji apakah penerapan pembelajaran quantum dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata kuliah statistika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran quantum dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Meski demikian, hasil gain score antara kelompok yang diberi perlakuan dengan yang tidak diberi perlakuan tidak jauh berbeda. Quantum learning dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran, karena dengan menerapkan pembelajaran quantum, lebih banyak siswa yang meningkat rasa percaya dirinya serta meningkat motivasinya. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional