ANALISIS KESIAPAN DAN PELAKSANAAN PERKULIAHAN AKUNTANSI BERBASIS KONVERGENSI INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARTS (IFRS)

Sigit Hermawan, Ety Nur Zunaida

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapan dan pelaksanaan perkuliahan akuntansi berbasis konvergensi IFRS pada program studi Akuntansi Universitas “X” Sidoarjo dan STIE “Y” di Surabaya. Jenis dan paradigma penelitian adalah kualitatif dengan paradigma interpretif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan credibility, transferability, dan dependability. Analisis data dengan tahapan data collection, reduction, display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program studi akuntansi Universitas ”X” Sidoarjo secara khusus belum menerapkan perkuliahan berbasis konvergensi IFRS dan masih dalam proses mempersiapkan kurikulum baru yang berbasis konvergensi IFRS. Sementara itu, program studi akuntansi STIE “Y” Surabaya telah siap dan telah menerapkan perkuliahan berbasis konvergensi IFRS pada matakuliah  tertentu. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional