PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI GURU (STUDY PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI) (FKIP UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Akhmad Suyono

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Undang-Undang Guru dan Dosen Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru ( Study Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntnasi FKIP Universitas Islam Riau). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2013. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir 131 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Angket ini terdiri dari : 1)Profesionalitas, 2)Pengertian persepsi tentang undang-undang guru dan dosen, 3)Kedudukan guru dan dosen, 4)Kewajiban guru dan dosen, 5)Hak guru dan dosen, 6)Pengertian minat belajar, 7),Indikator minat menjadi guru. Dari indikator ini dibuat 25 pertanyaan dan setelah dilakukan uji validitas maka hanya 13 pertanyaan yang valid. Untuk minat menjadi guru dilihat dari nilai angket mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi semester akhir FKIP Universitas Islam Riau.

Berdasarkan uji hipotesis maka disimpulkan adanya pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, dimana thitung  6,783 > t tabel  1,98 sehingga  Ha diterima. Adapun persamaan  pengaruh persepsi mahasiswa tentang undang-undang guru dan dosen (X) terhadap minat mahasiswa menjadi guru (Y) tersebut adalah : Y= 5.289+ 0,618 X. Maka dari persamaan tersebut menunjukkan bahwa setiap satu kenaikan persepsi mahasiswa tentang undang-undang guru dan dosen (X) maka akan menyebabkan kenaikan minat mahasiswa menjadi guru (Y) sebesar 0,618

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i2.6055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional