Persepsi Guru IPA terhadap Pendidikan Sains yang Terkait dengan Masalah-masalah Global
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru IPA tentang urutan masalah global, pengetahuan mereka tentang masalah global, sumber informasi guru IPA tentang masalah global, optimisme guru IPA akan prospek masalah global menjelang tahun 2010, pendapat mereka tentang urgensi masalah global masuk dalam kurikulum, dan pendapat mereka tentang banyaknya materi masalah global yang harus diajarkan. Populasi adalah 350 orang guru IPA SLTP dan SMU dari 100 sekolah di DIY dan Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis dilakukan secara deskriptif-kuantitatif non-parametrik dan analisis faktor. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa umumnya guru IPA memiliki pandangan pesimis tentang kemungkinan perbaikan masalah-masalah glonal menjelang 2010. Secara kuat dan sadar, guru IPA mendukung implementasi pendidikan IPA yang terkait dengan masalah global dalam kurikulum IPA Sd, SLTP, SMU, dan Perguruan Tinggi
Keywords
Persepsi, guru IPA, pendidikan sains, masalah global
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v3i1.1328
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats