Kesadaran Tertib Berlalulintas dan Pembinaannya Bagi Siswa SMA Negeri di Kotamadya Malang

Sukarsono Sukarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran mengenai kesadaran tertib berlalulintas siswa, perhatian otangtua/sekolah terhadap kesadaran tertib berlalulintas siswa, dan hubungan perhatian orangtua/sekolah dengan kesadaran tertib berlalulintas siswa. Penelitian menggunakan metode survai. Data dikumpulkan dengan angket atas 132 siswa, wawancara dengan Kepala SMAN I dan VIII serta petugas Polresta Malang. Analisis dilakukan dengan persentase dan korelasi momen tangjar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri Kotamadya Malang berpeluang besar melakukan pelanggaran tertib berlalulintas, kesadaran cukup mengenai pentingnya SIM/STNK saat bersepeda motor, kurang menyadari pentingnya perlengkapan keselamatan, hampir cukup dalam etika berlalulintas, memperoleh perhatian cenderung kurang dari orangtua dan kurang dari sekolah dalam tertib berlalulintas, dan berkesadaran tertib berlalulintas tinggi jika memperoleh perhatian tinggi dari orangtua/sekolah, dan sebaliknya

Keywords


Tertib berlalulintas, perhatian orangtua/sekolah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v3i1.1353

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats