Kajian Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Umum

Achmad Tolla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pengajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Umum (SMU) berdasarkan Kurikulum 1994. Variabel yang diamati adalah peran guru, peran siswa, materi pelajaran, interaksi belajar-mengajar, dan pelaksanaan penilaian. Pengamatan dilakukan melalui penelitian kelas selama enam bulan di kelas I SMU Negeri 2 Ujungpandang. Analisis data dilakukan dengan analisis isi yang mengikuti prosedur analisis model alir. Hasil penelitian menunjukkan peran guru masih dominan, siswa lebih banyak pasif, proses belajar-mengajar bersifat verbalistik, materi cenderung bersifat struktural, dan penilaian jarang dilakukan

Keywords


Pendekatan komunikatif, pengajaran, kurikulum, bahasa Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v3i2.1569

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats