PENGUBAHAN KONSEP DIRI SEBAGAI KUNCI KEBERHASILAN PENDIDIKAN BAGI ANAK JALANAN

Sri Wahyuni

Abstract


Abstract: Developing Self-concept in Educating Street Children. This qualitative research aims at formulating a data-based theory concerning the success in educating street children. The study involved 13 street children and employed in-depth interviews, participatory observation, and documentation study in collecting the data. Constant comparative analysis of the data reveals that the success or failure in educating street children is dependent upon the development of self-concept. This should be taken into consideration in constructing a more effective and creative education model to avoid “malpractice” in handling street children.

Keywords: self-concept, education, street children

Abstrak: Pengubahan Konsep Diri sebagai Kunci Keberhasilan Pendidikan bagi Anak Jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sebuah teori berdasarkan data yang dapat menjelaskan keberha­silan dan kegagalan pendidikan bagi anak jalanan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian teori grounded, berlokasi di Rumah Singgah Insan Mandiri di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dengan 13 anak jalanan sebagai partisipan. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode analisis komparasi konstan. Penelitian ini menemukan sebuah teori keberhasilan dan kegagalan pendidikan bagi anak jalanan yang menjelaskan bahwa keberhasilan pendidikan bagi anak jalanan sangat dipengaruhi oleh konsep diri anak jalanan. Teori ini bermanfaat sebagai dasar bagi upaya penyusunan model pendidikan bagi anak jalanan yang efisien dan efektif, sehingga tidak akan terjadi malapraktik.

Kata kunci: konsep diri, pendidikan, anak jalanan

Keywords


self-concept, education, street children

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v20i1.4375

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats