EMPOWERING TEACHER IN UTILIZING ICT-BASED MEDIA THROUGH IN-HOUSE TRAINING (IHT)TO IMPROVE LEARNING QUALITY

Ika Tyasing Kusumawati, Bambang Ismanto, Ade Iriani

Abstract


Abstract: This research aims to improve the quality of learning by empowering teachers to utilize ICT-based media through IHT. The object of this study was 42 teachers of SMPN 5 Salatiga. This research was a school action research. Data were collected through interviews, questionnaires, and observations. The data analysis were: (1) data reduction, (2) data display, and (3) drawing conclusions. This research revealed that: a) by utilizing ICT-based learning media the quality of learning can be improved; b) the quality of learning in SMP Negeri 5 Salatiga improves by using IHT and it is evidenced by the increase in the average score on each subject.

Key Words: ICT-based media, learning quality, in-house training

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran dengan memberdayakan guru dalam pemanfaatan media berbasis IT melalui IHT. Objek penelitian yaitu guru SMP Negeri 5 Salatiga sebanyak 42 orang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, dan observasi. Analisis data mencakup: (1) reduksi/memilih data, (2) display/menyajikan data, dan (3) kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: a) dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT mutu pembelajaran dapat meningkat; b) kualitas pembelajaran di SMP Negeri 5 Salatiga meningkat dengan dilakukannya IHT yang dibuktikan dengan meningkatnya capaian rata-rata per mata pelajaran.

Kata kunci: Media pembelajaran berbasis IT, mutu pembelajaran, IHT


Keywords


​ICT-based media; learning quality; in-house training

Full Text:

PDF

References


Agustiani, D. (2018). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP berbasis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) melalui In House Trainning di SDN Kedungkendo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoar-jo. Jurnal Mitra Pendidikan, 5(4), 391–402.

Akhyar. (2018). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui In House Trainning di SDN Melayu Kecamatan Martapura Timur. Jurnal Tarbiyah Da-russalam, 2(3), 1–18.

Astuti, S., & Giarti, S. (2016). Implementasi TQM melalui pelatihan model In House Trainning untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD. Scholaria, 6(2), 80–91.

Chandra, D. (2018). Peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pem-belajaran (RPP) melalui In House Trainning (IHT) di SMPN 1 Sungai Tarab. Jurnal Manajemen Pendi-dikan, 3(3), 441–450.

Corinorita. (2017). Pelaksanaan In House Trainning untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam menyusun RPP di Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Sains, dan Humani-ora, 3(1), 117–122.

Danim, S. (2012). Visi baru manajemen sekolah dari unit birokrasi ke lembaga akademik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dharmawan, K., Ramona, Y., & Rupiasi, N. N. (2016). Model pembinaan ‘In-House Training’sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah. Buletin Udayana Mengabdi, 15(2), 74–81.

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidik-an. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240.

Herdiani, S. (2017). Efektivitas kinerja mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis). Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1), 45–52.

Kasmad. (2015). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran tematik terpadu melalui kegiatan In House Trainning (IHT) bagi guru kelas 1 SD. Jurnal Konseling GUS-JIGANG, 1(2).

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasi-nya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27–34.

Mukhtarudin. (2017). Peningkatan kinerja guru dalam menerapkan media pembelajaran melalui kegiatan In House Trainning di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh T.P 2016/2017. Jurnal Media Inovasi Edukasi, 37(1), 210–220.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi guru profesional. Mencipta-kan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Nopitasari, A., M. Indrowati, & S. Santosa. (2012). Pengaruh metode student created case studies disertai media gambar terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(3), 100–110.

Papastergiou, M. (2009). Digital game-based learning in high school computer science education: Impact on educational effectiveness and student motivation. Computers & education, 52(1), 1–12.

Pribadi, B. (2017). Media dan teknologi dalam pembelajar-an. Jakarta: Kencana.

Robani. (2015). Peningkatan kemampuan penulisan kar-ya tulis ilmiah bidang pendidikan dengan model In House Trainning (IHT) bagi Guru SD Negeri 1 Ngadirejo Kabupeten Temanggung. Universitas Kristen Satya wacana.

Roemintoyo. (2010). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Inovasi Pendidikan, 11(1), 1–15.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Saprulloh. (2018). Peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui kegiatan In House Trainning (IHT). Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 3(4), 1–7.

Soedarmo, U. R., & Herman, M. (2018). Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah: Studi di SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 99–106.

Sujiman. (2019). Peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP berbasis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) melalui IHT di SD Negeri Pprong Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(3), 402–417.

Sunarto, W. (2017). Peningkatan kualitas pembelajaran guru melalui hasil supervisi artistik dengan strategi Focus Discussion Group (FGD). Dinamika, 3(3), 424–431.

Suti, M. (2011). Strategi peningkatan mutu di era otonomi pendidikan. Jurnal Medtek, 3(2), 1–6.

Umaedi, H., & Siswantari. (2015). Manajemen berbasis sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yuliarni. (2017). Peningkatan kompetensi pedagogik guru produktif dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui In House Trainning (IHT) di SDN 09 Sungai Limau. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 455–466.




Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Humaniora

Education Journal Of Social Sciences

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License