Pengaruh Model Discovery Learning Berwahana Schoology terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kecerdasan Visual Spasial

Lathifah Dewi Humairo, Budi Handoyo, Syamsul Bachri

Abstract


Abstrak: Pembelajaran geografi saat ini belum mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis dapat dicapai melalui pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning berwahana schoology terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kecerdasan visual spasial siswa. Hal ini dikarenakan kecerdasan tersebut berhubungan dengan persepsi keruangan seseorang. Rancangan yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain pretest and posttest. Penelitian ini menggunakan analisis two way annova. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Al-Izzah Batu. Hasil penelitian menunjukkan model discovery learning berwahana schoology dan kecerdasan visual spasial berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis.

Kata kunci: discovery learning, schoology, kemampuan berpikir kritis, kecerdasan visual spasial, pembelajaran geografi


Keywords


discovery learning; schoology; critical thinking skills; visual-spatial intelligence; geography learning

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License