Pengembangan Aplikasi Perencanaan Karier (Si Peka)

Deka Ramanta, Adi Atmoko, Diniy Hidayatur Rahman

Abstract


Abstract: The purpose of this research and development is to produce a product in the form of a career planning application media to facilitate career planning for students at SMA Negeri 1 Lawang which is theoretically and practically acceptable in terms of feasibility, appropriateness, attractiveness, convenience and usability. Based on the validation results from experts and prospective users, the results show that the career planning application has received theoretical and practical acceptance in terms of feasibility, appropriateness, attractiveness, convenience and usability. Based on the results of the field implementation test, it was found that the career planning application was very effectively used by students to facilitate and support career planning for high school students.

Abstrak: Tujuan dari penelitian dan pengembanagn ini adalah menghasilkan produk berupa media aplikasi perencanaan karier (Si Peka) untuk menfasilitasi perencanaan karier peserta didik di SMA Negeri 1 Lawang yang berterima secara teoritis dan praktis dari segi kelayakan, kepatutan, kemenarikan, kemudahan dan kebergunaan. Berdasarkan hasil validasi dari ahli dan calon pengguna, diperoleh hasil bahwa aplikasi perencanaan karier (Si Peka) mendapatkan keberterimaan secara teoritis dan praktis dari segi kelayakan, kepatutan, kemenarikan, kemudahan dan kebergunaan. Berdasarkan hasil uji pelaksanaan lapangan diperoleh bahwa aplikasi perencaan karier (Si Peka) sangat efektif digunakan peserta didik untuk memfasilitasi dan menunjang perencanaan karier peserta didik SMA.


Keywords


development; application; planning; career; Si Peka; pengembangan; aplikasi; perencanaan; karier

Full Text:

PDF

References


ABKIN, P. B. (2018). Kode Etik Bimbingan dan Konseling Idonesia. 1–24. Diambil dari https://abkin.web.id/upload/KODE_ETIK_ABKIN.pdf.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. Psikopedagogia, 3(2): 58-68.

Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk Mengajarkan Global Warming. Seminar Nasional Fisika (SNF) 2020. Surabaya: Unesa.

Bakri, H. 2011. Desain Alat Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Jurnal MEDTEK, 3(2).

Borg, W. D. & Gall, M. D. (1983). Educational Research Third Edision. New York: Longman Inc.

Creed, P.A., & Patton, W.A. (2003). Predicting Two Component of Career Maturity I School Based Adolescents. Journal of Career Development 29(4), 277-290.

Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). “Pengembangan Model E-Career untuk Meningkatkan Keputusan Karir Siswa SMA N 3 Makassar”. Jurnal psikologi pendidikan & konseling, 1 (2), 170-179.

Hartono & Soedarmaji, B. (2012). Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana.

Hayadin, Y. et. Al. (2006). Pengambilan Keputusan untuk Profesi pada Siswa Jenjang Pendidikan Menengah (Survei pada SMA, MA, dan SMK di DKI Jakarta), Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 59 (12), 383-394.

Irwan, dkk. (2017). Perancangan Software Bimbingan dan Pengembangan Karir Siswa dalam Pengambilan Keputusan dan Konsultasi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(4), 237-243. doi: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201744464.

Juwitaningrum, I. (2013). Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.

Laksmana, W. K. H. (2018). Pengembangan Media Aplikasi Perencanaan Karir berbasis Android untuk Siswa Kelas XI SMAN 2 Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 8(3), 35-44. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/25341.

Leksana, D. M., Wibowo, M. E., dan Tadjri, I. (2013). Pengembangan Modul Bimbingan Karir berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1-9. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/1230.

Nindya, N. N., Kiswantoro, A., & Hidayati, R. (2020). Layanan informasi melalui media animasi untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2).

Nurhasnawati. (2011). Media Pembelajaran. Pekanbaru: Pustaka Riau.

Osbon, D. S., Dikel, M. R., & Sampson, J. P. (2011). The internet: A Tool for career planning (3rd ed.). Broken Arrow, UK: National Career Development Association.

Patton, W., & McMahon, M. (2014). Career Development and Systems Theory: Connecting Theory and Practice (Vol. 2): Springer.

Pelling, N. (2002). The Use of Technology in Career Counseling. Journal of Technology in Counseling, 2(2).

Pineda, K. (2020). Generation Create? Gen Z might be the most creative generation yet, poll says. https://www.usatoday.com/story/news/nation/2020/08/18/generation-z-may-most-creative-yet-study-says/5589601002/.

Prahesty, I. D., & Mulyana, O. P. (2013). Perbedaan Kematangan Karir Siswa Ditinjau dari Jenis Sekolah. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2), 1-7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/7107.

Santrock. J. W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Shumba, A., & Naong, M. (2012). Factor Influencing Students’ Career Choice and Aspirations in South Africa. Journal of Social Science, 32(2), 168-178. https://doi.org/10.1080/09718923.2012.11893096.

Suyasa, P. T. Y. S. (2011). Modifikasi Alat Ukur Minat-Kuder Preference Inventory Record. Conference: Research Week Universitas Tarumanagara. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Tarsidi, D. (2007). Teori Perkembangan Karir. Jurnal Pendidikan Universitas Indonesia.

Vuorinen, R., Sampson, J. P., & Kettunen, J. (2011). The Perceived role of technology in career guidance among practitioners who are experienced internet user. Australia Journal of Career Development, 20(3), 39-47. https://doi.org/10.1177/103841621102000307.

Warsito, A & Triyanto, A. (2010). Pengembangan Media Bimbingan Konseling. Kementrian Pendidikan Nasional, Program Studi Bimbingan Konseling, UNY. Makalah. Tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um011v10i22022p62-76

Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License