Implementasi Kebijakan Program Akselerasi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur

Indah Hasnawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan program akselerasi di kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi: (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) studi dokumentasi. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan program akselerasi memiliki muatan positif pada pendidikan secara umum. Karena menawarkan suatu diferensiasi model pendidikan dengan menempatkan anak didik sesuai kemampuannya. Fokus penelitian pada perencana-an, prosedur, aktor-aktor, dan evaluasi. Tujuan operasional program akselerasi adalah memaksimalkan potensi anak didik yang “potensial” agar terlayani dengan baik dan tidak mengalami “underachieve-ment”. Hasil penelitian menunjukkan program akselerasi adalah salah satu kebijakan pemerintah yang dilaksanakan sebagai suatu responsi terhadap permasalahan dan kebutuhan layanan pendidikan. Penyelenggaraan program akselerasi madrasah harus benar-benar memenuhi kriteria yang telah dite-tapkan sesuai peraturan dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.


Kata kunci: implementasi kebijakan, program akselerasi

Full Text:

Download


Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License