Keefektifan Teknik Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK Keluarga TKI

Ida Yuhana Ulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan teknik klarifikasi nilai untuk meningkatkan efikasi diri pengambilan keputusan karier siswa SMK. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa SMK yang berasal dari keluarga TKI, terdiri dari 9 siswa yang dijaring  dengan skala EDPKK dan teridentifikasi memiliki EDPKK rendah. Instrumen pengumpul data ada dua, yaitu skala Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier (EDPKK) dan instrumen untuk bahan perlakuan berupa teknik klarifikasi nilai. Instrumen skala EDPKK diuji validitas isi melalui uji ahli dengan indeks agreement  0,9, yang berarti memiliki validitas sangat tinggi. Hasil Uji coba skala EDPKK  menunjukkan reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,943, yang berarti memiliki reliabilitas sangat tinggi. Instrumen bahan perlakuan diuji validitas melalui uji ahli dengan indeks agreement  0,97, yang berarti memiliki validitas sangat tinggi. Analisis data dengan uji statistik nonparametrik wilcoxon sign rank test, diperoleh z hitung  = 2,666,  lebih besar dari z tabel = 1, 96 dan diperoleh skor Asymp. Sig. sebesar  0,008 (sig.< 0,05), yang berarti intervensi tek-nik klarifikasi nilai mempunyai efek untuk meningkatkan EDPKK siswa SMK dari keluarga TKI. 

Kata kunci: efikasi diri, keputusan karier, klarifikasi nilai

Full Text:

Download


Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License