Internalisasi Pendidikan Keuangan ke dalam Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana perilaku manajemen keuangan bisa terinternalisasi dengan aspek-aspek meliputi: (1) mendeskripsikan pentingnya manajemen (penge-lolaan) keuangan bagi mahasiswa, (2) proses internalisasi pendidikan keuangan ke dalam perilaku manajemen keuangan mahasiswa, (3) bentuk pengelolaan keuangan mahasiswa. Penelitian ini meng-gunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan bagi mahasiswa adalah (1) penting karena diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk dapat menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran agar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa se-makin lama semakin banyak, serta dapat digunakan bekal untuk menjadi wirausaha. (2) Proses internali-sasi pendidikan keuangan diperoleh dari tahap transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi. Internalisasi pendidikan keuangan ke dalam perilaku manajemen keuangan selain dibentuk dari pendi-dikan dosen di perguruan tinggi juga dimediatori oleh teman, orangtua dan praktik. (3) Format pengelo-laan keuangan berupa perencanaan, implementasi dan evaluasi.
Kata kunci: internalisasi, pendidikan keuangan, perilaku manajemen keuangan
Kata kunci: internalisasi, pendidikan keuangan, perilaku manajemen keuangan
Full Text:
DownloadCopyright (c)
Jurnal Pendidikan Humaniora Graduate School, Universitas Negeri Malang JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |