PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MOTIVASI BELAJAR

Nurhayani Nurhayani, Sudarmiatin Sudarmiatin, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


The purpose of this research was to investigate the effect of the use of libraries on social study learning achievement through learning motivation, either directly or indirectly. The type of this research was quantitative Ex post facto. The sampling technique used probability sampling with total of the students consisted of 156. Collecting data used a Likert questionnaire and students’ report documentation. The data analysis used path analysis and assisted by SPSS for windows version 20. The results (1) there was a direct effect of the use of libraries on the learning motivation; (2) there was a direct effect of the use of libraries to the learning achievement of Social Study; (3) there was a direct effect of learning motivation towards learning achievement of Social Study; (4) there was an indirect effect on social study learning achievement library through learning motivation.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian adalah kuantitatif Ex Post Facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling sebanyak 156 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket skala likert dan dokumentasi nilai rapor. Analisis data menggunakan analisis jalur dan dibantu program SPSS for window versi 20. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar; (2) terdapat pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap Prestasi belajar IPS; (3) terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS; (4) terdapat pengaruh tidak langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar.


Keywords


library; motivation; achievement of social studies; perpustakaan; motivasi; prestasi belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Astuti, W.W., FX Sukardi., & Partono. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar dan Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, (Online), 1 (2) November 2012, (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/540, diakses 18 Februari 2016).

Bafadal, I. 2015. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Firmansyah, H. 2009. Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. (Online). 6 (1):30—33, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=52523&val=468&title=HUBUNGAN%20MOTIVASI%20BERPRESTASI%20SISWA%20DENGAN%20HASIL%20BELAJAR%20PENDIDIKAN%20JASMANI diakses 18 Februari 2016)

Hedyanti, W.N., Sudarmiatin., & Sugeng Utaya. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi belajar (studi pada siswa kelas IV, V, VI Gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1(5):865—873, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6289/2685, diakses 20 Maret 2017).

Hidayat, W. 2013. Hubungan Antar Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Klaten. Universitas Negeri Yogykarta (diakses 11 Februari 2016).

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kosasih, A. 2009. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kualitas Layanan Prima di Perpustakaan. Artikel Pustakawan Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Dokumen Fisik DUPAK.

Lenawati, A., & Siswanto. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan sekolah terhadap Prestasi belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. (Online), 2 (1), (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/1548/44/246, diakses 26 Februari 2016).

Mulyadi, S.K., & Febriani Primasari. 2014. Implementasi Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar. (Online), 1 (1):17—30 (http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1551/1091, diakses 28 Maret 2017).

Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Prastowo, A. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Siregar, E & Nara, H. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slavin, R.E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Small, R.V & Snyder, J. 2009. The Impact of New York’s School Libraries on Student Achievement and Motivation: Phase I. American Library Association (diakses 1 Juni 2016).

Small, R.V & Snyder, J. 2010. The Impact of New York’s School Libraries on Student Achievement and Motivation: Phase II. © American Library Association (diakses 8 Juni 2016).

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiawan., & Oksiana Jatiningsih. 2016. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah bagi Siswa sebagai Sumber Belajar pada Semua Mata Pelajaran di SMA Negeri 2 Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. (Online), 3 (4):1168—1182, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/16088/baca-artikel, diakses 25 Agustus 2016).

Suryabrata, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Suwarno, W. 2010. Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nurhayani Nurhayani, Sudarmiatin Sudarmiatin, Sunaryanto Sunaryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License