BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Pity Asriani, Cholis Sa’dijah, Sa’dun Akbar

Abstract


This study aims to produce character education based teaching materials for grade IV elementary school. The writer used the 4D model (Thiagarajan, et al., 1974) for his research and development. The 4D model consists of four stages. They are defining, designing, developing, and disseminating. Types of data used are qualitative. Data were collected by validity testing, questionnaire, observation, and character assessment. This study produced a character education based teaching materials for grade IV elementary school. That is the student book and the teacher book. The results showed that character education based teaching materials for grade IV elementary school is compliant to use in learning since it has met the expected criteria according to the assessment of the material experts, linguists, media experts, teachers, and students.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berbasis pendidikan karakter untuk kelas IV Sekolah Dasar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Thiagarajan, dkk., 1974). Model 4-D ini terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Data dikumpulkan melalui uji validasi, angket, observasi, dan penilaian karakter. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berbasis pendidikan karakter untuk kelas IV Sekolah Dasar yang terdiri atas Buku Siswa dan Buku Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis pendidikan karakter untuk kelas IV Sekolah Dasar ini telah memenuhi persyaratan untuk digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria menurut penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, guru, dan siswa.


Keywords


teaching materials development; character; character education; pengembangan bahan ajar; karakter; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2010. Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kehidupan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 17 (1):46—54, (http://journal.um.ac.id/index/jip/article/viewFile/2619/1349, diakses 25 Maret 2017).

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, S. 2013. Model Triprakoro dalam Pembelajaran Nilai dan Karakter Kepatuhan untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 19 (1):106—112, (http://journal.um.ac.id/index/jip/article/viewFile/3762/1190, diakses 25 Maret 2017).

Barnawi & Arifin. 2012. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghufron, A. 2010. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran. (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/230/pdf_23, diakses 20 Juni 2016).

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hudiyono. 2012. Membangun Karakter Siswa. Jakarta: Esensi, Erlangga Grup.

Julaiha, S. 2014. Implementasi Pendidikan dalam Pembelajaran. (Online), (http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/15/pdf_16, diakses 22 Juni 2016).

Kesuma, D., Cepi Triatna., & Johar Permana. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniasih, I., & Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mbulu, J., & Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Elang Mas.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pranata, M. 2013. Pendidikan Karakter. Malang: Bayu Media Publising.

Sa’dijah, C. & Srini M. Iskandar. 2003. Persepsi dan Pengetahuan Guru Kelas-kelas Awal Sekolah Dasar di Jawa Timur terhadap Pembelajaran Terpadu dalam Bidang MIPA. Jurnal Penelitian Kependidikan, (Online), 13 (1),

(http://fmipa.um.ac.id/index.php/component/attachments/download/83.html, diakses 29 Maret 2017).

Sa’dijah, C. 2011. Kemampuan Partisipasi dan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivis dengan Setting Koperatif. Semnastika-Unesa “Matematika Membangun Insan Kritis dan Kreatif. (Online),

(http://fmipa.um.ac.id/index.php/component/attachments/download/88.html, diakses 29 Maret 2017).

Salahudin, A. & Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Samani, M., & Hariyanto. 2014. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Scerenko, L. C. 1997. Values and Character Education Implementation Guide. Georgia: Department of Education.

Su’udiah, F., I Nyoman Sudana Degeng., & Dedi Kuswandi. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (9):1744—1748, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/6743/2936, diakses 25 Maret 2017).

Suryadi. 2009. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.

Wibowo, A. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wicaksono, T. P., Muhardjito., & Titik Harsiati. 2016. Pengembangan Penilaian Sikap dengan Teknik Observasi, Self Assessment, dan Peer Assessment pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 1 (1):45—51, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/5214/1904, diakses 25 Maret 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pity Asriani, Cholis Sa’dijah, Sa’dun Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License