PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK UNTUK SISWA KELAS IV

Westri Setyo Lestari, Herawati Susilo, Punaji Setyosari

Abstract


The purpose of research is to develop the feasibility of thematic teaching materials of fourth grade students of elementary school. This research used Dick, Carey, and Carey development model. The materials are validated by content experts and technology learning experts. The trial stages of the teaching materials consist of one-to-one-tryout, small group tryout and field tryout. The result of the expert validation of the student's book is 88,6%, the result of the teacher's book is 86.8%. One-to-one-trying out result, student's book gets mean of 88%, teacher book gets 85%. The result of small group trial, student's book obtained average of 90,5%, teacher’s book equal to 91,6%. The results of field trials of student’s books obtained an average of 91% and teacher’s book of 96.6%. Based on these data, the student’s book and teacher’s book is very feasible to be used as a learning supplement.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik yang layak  digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk buku siswa dan buku guru. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Dick, Carey, dan Carey (2009). Bahan ajar tematik yang dikembangkan divalidasi oleh ahli isi/materi dan ahli teknologi pembelajaran. Tahapan uji coba bahan ajar terdiri atas uji coba perorangan, uji coba kelompok, kecil, dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli terhadap buku siswa sebesar 88,6%, hasil validasi ahli terhadap buku guru sebesar 86,8%. Hasil uji coba perorangan, buku siswa memperoleh rerata sebesar 88%, buku guru memperoleh 85%. Hasil uji coba kelompok kecil, buku siswa memperoleh rerata sebesar 90,5%, buku guru sebesar 91,6%. Hasil uji coba lapangan buku siswa memperoleh rerata sebesar 91% dan buku guru sebesar 96,6%. Berdasarkan data-data tersebut, maka buku siswa dan buku guru sangat layak digunakan sebagai suplemen pembelajaran.


Keywords


thematic teaching materials; thematic instruction; fourth grade elementary school; bahan ajar tematik; pembelajaran tematik; kelas IV SD

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik untuk Kelas 1 dan Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran, 17 (1): 32—40, (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-

pembelajaran/article/view/2826/543 diakses 1 Mei 2017).

Dick, W. & Carey, L., Carey, J. 2009. The Systematic Design of Instructional. New Jersey: Rights and Permissions Department,

Pearson Education, Inc.

Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Cooperative Learning) di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Permendikbud Nomor 57 tahun 2014. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta:

Kemendikbud.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group.

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Tarigan, H.G. 1989. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2010. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenada Media Group.

Zulkifli. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik untuk Kelas 5 SDN

Oro-oro Dowo. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pratama, F.Y., Yuni Pratiwi., & Kusubakti Andajani. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Bermuatan

Cinta Lingkungan dengan Strategi Pemodelan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan

Pengembangan, (Online), 1 (3): 448—462 (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6171/2612, diakses

Mei 2017).

Setyanto, H. A., Mohammad Amin., & Umie Lestari. 2016. Pengembangan Buku Suplemen Pendekatan Molekular Taksonomi

Hewan Vertebrata. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (6): 1180—1184

(http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6471/2750, diakses 1 Mei 2017).

Sultan, M.S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 yang Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22 (2). (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/download/6773/3554, diakses 1 Mei 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Westri Setyo Lestari, Herawati Susilo, Punaji Setyosari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License