KESALAHAN BERBAHASA TATARAN SINTAKSIS PADA PENULISAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS X SMA

Yustina Sako, Roekhan Roekhan, Sunoto Sunoto

Abstract


This research aims to describe the level of syntax errors that include aspects of phrases and sentences on writing personal experience grade X SENIOR HIGH SCHOOL Stella Gratia Atambua. This research uses qualitative research designs with the kind of descriptive research. The results of this study indicate that many students make a mistake on a sentence structure that covers ten aspects. These findings prove that students pay attention to the use of grammar in writing, lack of vocabulary which belonged to the students, the influence of the use of local languages, and teachers less use of grammar in writing.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan tataran sintaksis yang meliputi aspek frase dan kalimat pada penulisan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA Stella Gratia Atambua. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan pada struktur kalimat yang meliputi sepuluh aspek. Temuan tersebut membuktikan bahwa siswa kurang memerhatikan penggunaan tata bahasa dalam menulis, minimnya kosakata yang dimiliki siswa, pengaruh penggunaan bahasa daerah, dan guru kurang memerhatikan penggunaan tata bahasa dalam menulis.


Keywords


error language; syntax landscape; writing a personal experience; kesalahan berbahasa; tataran sintaksis; penulisan pengalaman pribadi

Full Text:

PDF

References


Arifin, E. Z., & H. Farid. 2009. Seribu Satu Kesalahan Berbahasa. Jakarta: AKA Press.

Arifin, E. Z., & S. Amaran. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi Sebagai Matakuliah

Pengembangan Kepribadian (MPK). Jakarta: Akademika Pressindo.

Byrne, D. 1988. Teaching Writing Skill. London dan New York: Longman.

Chaer, A. 1987. Penggunaan Preposisi dan Konjungsi Bahasa Indonesia. Ende: Nusa Indah.

Hakiki, M. 2014. Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Laporan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat

Kabupaten Lombok Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mardan. 2000. Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Naskah Asli Artikel Mahasiswa yang Terbit di Surat Berkala

Komunikasi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Martutik dan Rani, A. 2013. Menulis Berbasis Tugas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pateda, M. 1989. Analisis Kesalahan. Frores: Nusa Indah.

Putrayasa, I. B. 2006. Analisis Kalimat Fungsi, Kategori, dan Peran. Bandung: Refika Aditama.

Razali. 2005. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Lhoksukon,

Aceh Utara. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Semi, M. A. 2007. Dasar– Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Setyawati, N 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumadi. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: A3 (Asih Asah asuh).

Suyitno, I. 2012. Menulis Makalah dan Artikel: Teori, Contoh, dan Praktik Pelatihan. Bandung: Refika Aditama.

Tarigan, H. G. 2009. Pengajaran Remidi Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yustina Sako, Roekhan Roekhan, Sunoto Sunoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License