PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS

Fitriani Fitriani, Wahjoedi Wahjoedi, Siti Malikhah Towaf

Abstract


The purpose of this study is to describe the improvement of social skill and learning outcomes IPS through Make A Matchapproach by card picture. This research used qualitative approach and the form of this research is classroom action research. This research done by collaboration with the researcher and sixth grade teacher. The subject of this research is the four grade students of SDN 13 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang in 2016/2017 academic year that consist of 31 students. The instrument of collecting data used observation, interview, test, and fields note. The technique of nalyzing data used descriptive qualitative analysis. This research is consists of two cycles and each cycles consist of four stage that is planning, action, observation and reflection. The result of this research is percentage of learning activity in cycle I is 79,51% (students) increase 85,5%in cycle II (12 students). The percentage of learning outcomes in cycle I is 81,61% increase 86,67%. % in cycle II. Based on the research that have been implemented, it can bo concluded that improve the social skill and learning utcomes used cooperatif model Make A Match approach by card picture.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model  kooperatif tipe Make A Match berbantuan kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas IV. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 13 Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa, terdiri atas 16 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan bersamaan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yaitu persentase keterampilan sosial siswa pada siklus I mencapai 79,51% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,5%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 81,61% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa terjadi karena penerapan pendekatan Make A Match berbantuan kartu bergambar.


Keywords


Make A Match; social skills; learning outcomes; keterampilan sosial; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Pembelajran IPS. Yogyakarta: Cipta Media.

Depdiknas. 2005. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Dirjen Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ebrahim, A. 2012. The Effect Of Cooperative Learning Strategies on Elementary Students’ Science Achievement and Social Skills in Kuwait. International Journal of Science and Mathematics Education, 10 2, 293—314 https://doi.org/10.1007/s10763-011-9293-0

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, N. 2014. Penerapan Model Make A Match Berbantuan Kartu Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Perubahan Bentuk Energi pada Siswa Kelas IV SDN Lokpaikat 1 Kabupaten Tapin. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Jarolimek. 1992. Sosial Studies In Elementary Education. New York: Maemillan Publishing Company.

Lie, A. 2005. Cooperative Laerning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: PT. Grasindo.

Maftuh, B. 2010. Memperkuat peran IPS dalam membelajarkan Keterampilan Sosial dan Resolusi Konflik. Makalah Disajikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam bidang Pendidikan IPS pada FPIPS UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Marlina. 2014. Peer Mediated Intervention untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif. Jurnal Pendidikan Humaniora. (Online), 2 (4):368—382, (http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4479/961, diakses 24 April 2017).

Masruroh, A. 2014. Penarapan Model Kooperatif Learning Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III MI Jati Salam Jombang Pakel Tulungagung: IAIN Tulungagung. Tesis Tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Nasution, S. 2009. Sosiologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Neneng, A. A. 2014. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Watujarat. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rahmatullah. 2016. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Berkarakter Eco-Culture Dalam Perspektif Ekonomii Pancasila. Desertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Sadiman, A. S. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sarnoko., Ruminiati., & Punadji Setyosari. 2016. Penerapan pendekatan SAVI berbantuan Video pembelajaran untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa kelas IV SDN I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (7):1235—1241, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6524/2785, diakses 24 April 2017).

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: PT. Nusa Media.

Solihatin & Raharjo. 2009. Cooperative Learaning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanty, E., Nurkamto., & Suharno. 2016. Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match dan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada MtsN di Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (2):257—272.

Thalib, S. B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris. Cet. I. Jakarta: Prenada Media Group.

Torohula, J. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi Model Make A Match dan Quiz-Quiz Trade untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjaana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fitriani Fitriani, Wahjoedi Wahjoedi, Siti Malikhah Towaf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License