Pengalaman Siswa di Wisata Air Panas Tolole dan Integrasinya dalam Pembelajaran IPS di SMP

Emirta Z.A.S. Hanapi, Hariyono Hariyono, Sugeng Utaya

Abstract


This study have purpose to analys more deepth about student’s experience at Wisata Air Panas Tolole. The methode is Qualitative Descriptive with fenomenology. The result showed student’s experience at Wisata Air Panas Tolole consist of (1) experinces of the growth Wisata Air Panas Tolole’s background, (2) experiences of social activity, (3) experiences of language kind, and (4) experiences of economic creativity peoples around Wisata Air Panas Tolole. That student’s experiences at Wisata Air Panas Tolole have integrity in IPS lesson at SMP.

Penelitian bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam pengalaman siswa di Wisata Air Panas Tolole. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman siswa di Wisata Air Panas Tolole terdiri (1) pengalaman terhadap latar belakang perkembangan Wisata Air Panas Tolole, (2) pengalaman terhadap aktivitas sosial, (3) pengalaman terhadap keragaman bahasa, dan (4) pengalaman terhadap kreativitas ekonomi masyarakat dilingkungan Wisata Air Panas Tolole. Pengalaman-pengalaman siswa di Wisata Air Panas Tolole dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPS di SMP.


Keywords


experience; tours; integrity; pengalaman; wisata; integrasi

Full Text:

PDF

References


Creswell, W. J. (2012). Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Ahmad Fawaid, Ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatchan, A. (2013). 10 Langkah Penelitian Kualitatif: Pendekatan Konstruksi dan Fenomenologi. Malang: UM Press.

Filisyamala, J., Hariyono., & Ramli. (2016). Bentuk Pola Asuh Demokratis dalam Kedisiplinan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 668—672. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6213/2648.

Fitriana, E., Utaya, S., & Budijanto. (2016). Hubungan Persepsi Siswa tentang Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 662—667. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6212/2647.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Jurnal Mediator, 9(1), 163—180. Retrieved from http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1146/714.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTS Kelas VII. Edisi Revisi

Koentjaraningrat. (1996). Pengantar Antropologi I. Jakarta. Rineka Cipta.

Musafiri, M. R. A., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Potensi Kearifan Lokal Suku Using sebagai Sumber Belajar Geografi SMA di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2040—2046. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7955/3619.

Nadra, W. S., Hariyono., & Ramli. (2016). Kebiasaan Belajar Anak dalam Keluarga Suku Togutil Halmahera Timur. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1753—1763. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6751/2944.

Satori, D., & Komariah, A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Santoso, E. A. H., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2017). Makna Perilaku Motivasi Belajar Geografi yang Rendah dengan Pendekatan Fenomenologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 85—96. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8445/4079.

Sufiah, R. Sumarmi., & Amirudin, A. (2016). Kearifan Lokal dalam Melestarikan Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Adat Desa Kemirem Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 726—721. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6234/2663.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widianto, A. T., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Memahami Siswa Yang Berprestasi Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang Pada Bidang Geografi Melalui Perspektif Fenomenologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 181—186. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6120/2577.

Widyastuti, E., Wahjoedi., & Sunaryanto. (2016). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Lingkungan dalam Perilaku Konsumsi (Studi Kasus di SMAN Bangil). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(12), 2388—2394. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8360/4005.

Yasmin, F. L. Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan Disiplin dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 692—697. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6226/2658.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Emirta Z.A.S. Hanapi, Hariyono Hariyono, Sugeng Utaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License