Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbantuan Video pada Siswa SD
Abstract
The purpose of this research is described the model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) assisted video and increased skill write the text exposition students. This research used the research class action. Research done in 3 cycle , the result showed that teachers and students have put up learning well .The write the text exposition increased from the cycle I of 66,7 be 76,2 on cycle II and become increased again 81,6 on cycle III .The text exposition assessed the thesis, the argument, conclusion, and writing.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan video dan peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanankan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa telah melakukan aktivitas pembelajaran dengan baik. Nilai menulis teks eksposisi meningkat dari siklus I sebesar 66,7 menjadi 76,2 pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 81,6 pada siklus III. Aspek teks eksposisi yang dinilai, yakni tesis, argumentasi, penjelas, dan penulisan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Graves, D.H. (1978). Let Them Write. New Yor: Ford Foundation.
Kosasih, E., & Restuti. (2013). Mandiri Bahasa Indonesia untuk SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Semi, M. A. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.
Suparno. (2002). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar dengan Pendekatan Proses Menulis. Semarang: UNNES.
Suyitno, A. (2005). Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Seminar Nasional. Jurusan Matematika FMIFA UNNES.
Tompkins, G. E., & Hoskinson, K. (1991). Language Art: Content and Teaching Strategies. New York: Maxwell MacMillan International Publishing Group.
Tompkins, G. E. (1994). Teaching Writing: Balancing Press and Product. New York: Maxwell MacMillan International Publishing Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Evan Ardi Prayoga, Heri Suwignyo, Alif Mudiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |