Sertifikasi Asesor Kompetensi Guru Produktif Program Keahlian Tata Boga dalam Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi

Nurul Farikhatir Rizkiyah, Rina Rifqie Mariana, Soenar Soekopitojo

Abstract


Abstract: This study aims to describe certification of assessors and the suitability of assessors in SMKN 3 Malang in conducting competency certification tests. Source of data obtained from teachers productive culinary skills program as many as 14 people. Data collection techniques are questionnaires, interviews and documentation. Data processing technique using descriptive with qualitative and quantitative approach. The assessors of the Culinary skill program at SMKN 3 Malang from productive teachers are in compliance with the requirements as competence assessors in providing assessment to test participants on the implementation of competency certification tests. The competency assessors of Culinary skill program at SMKN 3 Malang are in the category according to the percentage of 94,73%.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sertifikasi asesor dan kesesuaian asesor di SMKN 3 Malang dalam melaksanakan uji sertifikasi kompetensi. Sumber data diperoleh dari guru produktif program keahlian tata boga sebanyak 14 orang. Teknik pengambilan data yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Asesor pada program keterampilan Tata Boga di SMKN 3 Malang yang berasal dari guru produktif sudah sesuai dan telah memenuhi persyaratan sebagai asesor kompetensi dalam memberikan assesmen kepada peserta uji pada pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi. Asesor kompetensi memiliki kategori sesuai dengan persentase sebesar 94,73%.


Keywords


assessor certification; competence certification body; competency certification test; cullinary art; sertifikasi asesor; lembaga sertifikasi kompetensi; uji sertifikasi kompetensi; tata boga

Full Text:

PDF

References


Blaskova, M. (2014). Competences and Competence Model of University Teachers. Science, 457–467.

BNSP. (2006). Pedoman Pelatihan dan Sertifikasi Asessor/Master Asesor Kompetensi.

BNSP. (2014a). Pedoman Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi 202.

BNSP. (2014b). Pedoman Penilaian Kesesuaian: Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi 201.

BNSP. (2017). XII Tahun BNSP: Perkembangan dan Tantangan.

Brekelmans, M., Sleegers, P., & Fraser, B. J. (2000). Teaching for Active Learning. In P. R. J. Simons, J. L. van der Linden, and T. Duffy (Eds), New Learning (pp. 227-242). Dordrecht: Kluwer.

Coiruzzad, Shofwan Al Banna. (2015). ASEAN di Persimpangan Sejarah.

Direktorat PSMK. (2017a). Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian Tahun Pelajaran 2016/2017.

Direktorat PSMK. (2017b). Strategi Implementasi Revitalisasi SMK (Sepuluh Langkah Revitalisasi SMK). Jakarta: Direktorat PSMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. In Buku Serial Revitalisasi SMK.

ENQUA. (2009). Standards and Guidelines for Quality Assurance in the European Higher Education Area.

Indriaturrahmi., & Sudiyatno. (2016). Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Penyelenggaraan SMK Berbasis Kearifan Lokal di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6 (2), 162–172. 10.21831/jpv.v6i2.6277.

M. & Rohn, T. N. V. (2013). Development of the Professional Competence in the Ethics Teachers. 4th International Conference on New Horizons in Education. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 106 (2013), 865–872.Title.

Meirawan, D. (2012). Daya Prediksi Hasil Uji Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Cakrawala Pendidikan, Februari 2012, Th. XXXI, No. 1. FPTK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Rahman, A. (n.d.). Pembinaan Profesional Guru SMK (Kajian Kualitatif pada SMK di Bandung). Pembinaan Profesional. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, Vol.6 No.1.

Sekertariat Kabinet RI Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (2016). Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Soanes, C. & Stevenson, A. (2003). Oxford Dictionary of English. Second Edition. Oxford: Oxford University Press.

Tatang, A. (2014). Peningkatan Peran Asesor, Master, dan Lead Asesor Kompetensi Dalam Proses Pelaksanaan Sertifikasi Profesi. Komisi Sertifikasi Disampaikan dalam Training of Trainer (ToT) Asesor, Master, dan Lead Asesor Kompetensi di Salatiga.

Tatang, A. (2017). Kebijakan dan Pengembangan Skema Sertifikasi LSP P1 SMK. Disampaikan pada Acara Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kepada LSP P1 SMK di Jawa Timur, 11 Agustus 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurul Farikhatir Rizkiyah, Rina Rifqie Mariana, Soenar Soekopitojo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License