Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar

Astriyani Astriyani, Triyono Triyono, Imanuel Hitipeuw

Abstract


Abstract: Motivation to learn is the driving or moving of someone to learn. Motivation to learn can come from within from the stimulation of the surrounding environment. Master’s actions are one of the forms of learning that comes from environmental stimuli. This study aims to determine the relationship of learning with learning achievement, teacher learning with learning achievement, and learning with teachers and learning achievement at SDN 029 Tarakan. This type of research is a quantitative research. The result showed there was a very strong relationship between learning motivation and teacher action with learning achievement.

 Abstrak: Motivasi belajar merupakan suatu pendorong atau penggerak seseorang untuk belajar. Motivasi belajar bisa berasal dari dalam diri ataupun dari rangsangan lingkungan sekitar. Tindakan guru adalah bentuk motivasi yang diberikan dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar, tindakan guru dengan prestasi belajar, serta motivasi belajar dan tindakan guru dengan prestasi belajar di SDN 029 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara motivasi belajar dan tindakan guru dengan prestasi belajar.


Keywords


motivation to learn; teacher actions; learning achievement; motivasi belajar; tindakan guru; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Guidena. (2016). Peranan Bimbingan Guru dan Motivasi Belajar dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Metro Tahun 2010. Jurnal Pendidikan Psikologi, 1(1), 23–35.

Handayani, N. L. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri terhadap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2).

Hurlock, E. (2000). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 176–187.

Lestari, L., & Arigiyati, T. (2016). Hubungan Antara Minat, Fasilitas dan Persepsi terhadap Kemampuan Mengajar Guru Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Se-Kecamatan Kasihan. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(4), 195–204.

Megiati, Y. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Peserta Didik Atas Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Sosiologi. Research and Development Journal of Education, 2(2), 138–152.

Roida, E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Economic Education Analysis Journal, 2(4).

Sumiyati, T. (2017). Pengaruh Perhatian Orangtua, Konsep Diri, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Matematika Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. E-Jurnal Mitra Sains, 2(5), 84–94.

Syarif, I. (2002). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 84–94.

Syarifuddin, M. (2012). Hubungan Antara Dukungan Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Keruak Kab. Lombok Timur. Media Bina Ilmiah, 2(4), 25–32.

Tenriningsih, A. (2011). Supervisi Pengajaran, Motivasi Kerja, Kinerja Guru dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(17), 425–428.

Ulandari, K. S. S. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2).

Wulandari, D. (2017). Pengaruh Minat, Cara, dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Mempertimbangkan Motivasi. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 1(5).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Astriyani Astriyani, Triyono Triyono, Imanuel Hitipeuw

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License