Buku Ajar Tematik Berbasis Muatan Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Bayu Segoro, Ari Sapto, Yuniastuti Yuniastuti

Abstract


Abstract: The purpose of this development research is to produce textbooks based on local content in Kabupaten Tulungagung for grade IV Primary School. Textbooks based on local content can be used as one learning resource in learning. The textbook product is developed based on the steps of the 4-D development model. Validation and test results that have been done, obtained data that is (a) the validation of the student's book reached a percentage of 85.34% with criteria is very valid; (b) the result of the attractiveness test on the student's book reaches 89.44% percentage with very interesting criteria; (c) the results of the practicality test students and teachers reached a percentage of 87.84% with very practical criteria; (d) the effectiveness test results that the learning outcomes have improved by comparing pretest and posttest results. Abstrak: Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis Muatan lokal di Kabupaten Tulungagung untuk kelas IV Sekolah Dasar. Buku ajar berbasis muatan lokal dapat dijadikan salah satu sumber belajar dalam pembelajaran. Produk buku ajar dilaksanakan dengan langkah-langkah model pengembangan 4-D. Hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan, diperoleh data yakni (a) hasil validasi terhadap buku siswa mencapai persentase 85.34% dengan kriteria sangat valid; (b) hasil uji kemenarikan terhadap buku siswa mencapai persentase 89,44% dengan kriteria sangat menarik; (c) hasil uji kepraktisan siswa dan guru mencapai persentase sebesar 87.84% dengan kriteria sangat praktis; (d) hasil uji efektivitas bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest.

Keywords


textbook; local content; learning resources; buku ajar; muatan lokal; sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari, 12(2), 216–231. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Faisal, E. El., & Sulkipani, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 113-126. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12721

Fauzi, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Handout Berbasis Sejarah Lokal dengan Materi Perjuangan Rakyat Banyumas Mempertahankan Kemerdekaan dalam Agresi Militer Belanda 1 Tahun 1947 terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto. Indonesia Journal of History Education, 5(2), 16–21.

Kebudayaan, K. P. dan. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mussana, A. (2009). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Konteks Pendidikan di Aceh, 10(2), 1–12.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Rahyono, F. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Rohmah, D. F., Hariyono., & Sudarmiatin. (2017). Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 719–723.

Suwarni, E. (2013). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba di Kota Metro sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi untuk Siswa SMA Kelas X, 6, 86–92.

Thiagarajan.S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Utari, U., & Degeng, I. N. S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44.

Wijiningsih, N., & Wahjoedi. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal, 2, 1030–1036.

Windyariani, S., Setiono., & Sutisnawati, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konteks dan Kreativitas untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 19–25. http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5326

Zinnurain., & Muzanni, A. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2), 63–69.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bayu Segoro, Ari Sapto, Yuniastuti Yuniastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License