Fungsi Tuturan Motivatif Guru dalam Pembelajaran di SMA

Fransisca Dike Desintya Dipta Sasmaya, Imam Suyitno, Sunoto Sunoto

Abstract


Abstract: This research was aimed to describe the function of teacher’s motivation speech in SMA Katolik Diponegoro Blitar. The function of speech is divided into three categories, those are the function of fact information exchange, function f emotion exchange, and function of convicing of affecting. These three functions appear when the teacher gives the motivation speech in learning process, especially on Bahasa subject. The existence of those functions in the teacher’s motivation speech shows that in the learning process is not only focus on the material delivery, but also giving motivation from the teacher to students with purposed function.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fungsi tuturan motivatif guru dalam pembelajaran di SMA Katolik Diponegoro Blitar. Fungsi tuturan ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni fungsi tukar-menukar informasi faktual, fungsi tukar-menukar emosi, dan fungsi meyakinkan atau memengaruhi. Ketiga fungsi tersebut muncul pada saat guru tengah memberikan tuturan motivasi dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Terdapatnya fungsi-fungsi dalam tuturan motivatif guru tersebut menandakan bahwa dalam pembelajaran guru tidak hanya berfokus pada pemberian materi saja, melainkan guru juga memberikan motivasi kepada peserta didik dengan fungsi atau tujuan tersendiri sesuai dengan apa yang dikehendaki guru tersebut.


Keywords


motivational speech function; learning; high school student; fungsi tuturan motivatif; pembelajaran; siwa SMA

Full Text:

PDF

References


Abbas, N. (2003). Tindak Tutur Direktif Guru SLTP Negeri 5 Biromaru dalam Interaksi. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Arista, H. D. (2014). Tuturan Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Astuti, M. P. (2016). Kesantunan Tuturan Direktif dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batu. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Bata, F. (2014). Tindak Tutur Pujian Guru dalam Interaksi Pembelajaran di SMK Yos Sudarso Ende. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Beatrik, R. (2016). Tuturan Guru dalam Interaksi Pembelajaran di SMP Negeri 1 Palipi Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Chandra, N. E. (2016). Tuturan Guru yang Merepresentasikan Pendidikan Karakter dalam Konteks Pembelajaran di Kelas. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Chusnaini. (2015). Kesantunan Berbahasa dalam Diskusi Kelas Siswa SMP Negeri 17 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ibrahim, A. S. (1993). Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Imran, A. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Dunia Pustaka.

Kridalaksana. (1984). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Mardalis. (1995). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan R. Rohidi. Yogyakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratama, P. M. (2016). Tuturan Memuji oleh Guru Perempuan dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Prayitno, H. J. (2011). Tindak Tutur Direktif Pejabat dalam Peristiwa Rapat Dinas: Kajian Sosiopragmatik Berperspektif Gender di Lingkungan Pemerintah Kota Surakarta. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sirait, C. B. (2008). The Power of Public Speaking. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.

Tarigan, H. G. (1986). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, S. (2016). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Wacana Diskusi Kelas. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fransisca Dike Desintya Dipta Sasmaya, Imam Suyitno, Sunoto Sunoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License