Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis SQ4R sebagai Bahan Belajar untuk Siswa SMA

Nurul Zakiyatin Nisak, Murni Saptasari, Aloysius Duran Corebima

Abstract


Abstract: This study was aimed to develop a valid biology learning module based on SQ4R model as a learning material for high school students. This study adapted the ADDIE model. The validity of the module was known from the expert validation scores and student responses. The results showed that the validation scores from module expert was 85.45% (valid), material experts was 97.5% (very valid), field practitioners was 98.1% (very valid) and very good student responses with score of 94.96%. Based on these results, it can be concluded that the developed biology learning module based on SQ4R model is classified as valid and practical to be used in the learning process as learning material for high school students.

Abstrak: Tujuan penelitian ini yakni untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi berbasis model SQ4R yang layak digunakan sebagai bahan belajar untuk siswa SMA. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Kelayakan modul diketahui dari skor validasi para ahli dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor validasi ahli bahan ajar sebesar 85,45% (layak), ahli materi sebesar 97,5% (sangat layak), praktisi lapangan sebesar 98,1% (sangat layak) serta respon siswa yang sangat baik dengan perolehan nilai sebesar 94,96%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Biologi berbasis model SQ4R yang dikembangkan tergolong layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran sebagai bahan belajar untuk siswa SMA.


Keywords


biological module; SQ4R model; teaching materials; high school student; modul biologi; model SQ4R; bahan ajar; siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Z. & Mahmood, N. (2010). Effect of Cooperative Learning vs Traditional Instruction on Prostective Teachers’s Learning Experience and Achievement. Journal of Faculty of Educational Sciences, 43(1), 151—164.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akker, J., Bannan, B., Kelly., A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research Part A: An Introduction. Netherlands: SLO.

Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktori UPI.

Arends, R. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw−Hill.

Arhasy, E. A. R., Rustina, R., & Heryani, Y. (2015). Kontribusi Pembelajaran Kontekstual dengan Teknik SQ4R terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Siliwangi, 1(1).

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewi, K. C. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Sistem Ekskresi melalui Penerapan Model Pembelajaran SQ4R bagi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Cepiring Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Majalah Ilmiah Inspiratif, 2(2).

Ditasari, R., Peniati, E., & Kasmui. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berpendekatan Keterampilan Proses pada Tema Dampak Limbah Rumah Tangga terhadap Lingkungan untuk SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 2(1), 32—336.

Hamalik, O. (2011). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Irwan., Ningsih, K., & Marlina, R. (2014). Pengaruh Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(9).

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permatasari, P. A., Dwiastuti, S., & Suwarno. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Guided Inquiry terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 318—324.

Purwanto., Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Depdiknas Pustekom.

Rahayu, P. I. W., Zulaikha, S., & Negara, I. G. A. O. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ4R Berbasis Keterampilan Proses Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Rasjid, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dengan Metode Talking Stick terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Biotek, 3(1), 170—183.

Rivan, O. F., Suharto., & Chuinda, N. (2017). The Application of Learning Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) can Increase Activeness and Learning Outcomes of Student. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 3(1), 35—45.

Rustina, R. (2014). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kontekstual dengan Teknik SQ4R terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock. (2010). Educational Psychology, 5th Edition. New York: McGraw−Hill.

Setiyaningsih, I. Nugroho, A. S., & Prasetiyo. (2015). Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Inquiry terhadap Curiosity dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sistem Koordinasi Kelas XI SMAN 1 Kayen. Prosiding Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship II, 333—341.

Suparmin, Bakar, U. A., Giyoto, & Fauzi, A. (2012). Validitas, Reliabilitas, dan Kepraktisan Ujian melalui Observasi dan Bentuk Lisan bagi Kelas Besar Pada Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Bahasa IAIN Surakarta. Kodifikasia, 6(1), 65−76.

Swari, F.D.R., Sari, M.S., & Susilowati. (2016). Pengaruh Inkuiri Terstruktur Berbasis SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) terhadap Pemahaman Membaca (Reading Comprehension) dan Hasil Belajar Siswa di SMPN 19 Malang. Pendidikan Hayati, 1(1).

Syafi'i, W., Sari, R. F., & Arnetis. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI melalui Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Model Guided Inquiry. Jurnal Biogenesis, 13(1), 77—84.

UNESCO. (2019). Supplementary Learning and Teaching Materials. Learning Portal: UNESCO's International Institute for Educational Planning. (Online), (https://learningportal.iiep.unesco.org/), diakses tanggal 22 Februari 2019.

Wulandari, S., Budiyono, & Iswahyudi, G. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Gaya Belajar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1), 34— 47.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurul Zakiyatin Nisak, Murni Saptasari, Aloysius Duran Corebima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License